Tuesday, December 02, 2008

WEBSITE RETAIL COMPANY and MANAGEMENT WEBSITE

Perusahaan retail dengan ukuran relatif kecil tetapi dengan ekspansi pasar yang relatif luas pasti memiliki target jangka pendek ataupun panjang untuk mengembangkan bisnis melalui pengembangan pemasaran (marketing) dan pelayanan kepada konsumen yang memuaskan. Salah satu upaya untuk dapat mencapai target tersebut adalah dengan realisasi bisnis online.
Dalam tugas mingguan kedua ini, saya akan menjabarkan mengenai website dan aplikasi nya pada perusahaan retail.

1. Definisi Website


Website adalah sebuah tempat di internet dimana siapa saja di dunia dapat mengunjunginya, kapan saja orang lain dapat mengetahui diri kita, memberi pertanyaan kepada kita, memberi kita masukan atau bahkan mengetahui dan membeli produk kita.

2. Manfaat Website
  • Memperluas ruang promosi
  • Mempermudah komunikasi
  • E-PR (electronic public relation) untuk berkomunikasi langsung dengan pasar/customer di belahan dunia manapun dengan cepat dan luas
  • Brand Imaging untuk perusahaan dan produk kita dengan pasar yang luas menjangkau seluruh belahan dunia
3. Langkah-Langkah Membuat Website untuk Perusahaan Retail


STEP 1 : Design the Website, Specify the Requirements, Platform/Language specification, features, etc.
Siapkan design website, spesifikasikan bahan – bahan yang dibutuhkan, platform, spesifikasi bahasa, features, dll untuk kelengkapan website yang akan dibuat.Bahan-bahan dan features dikumpulkan untuk dimuat pada website, baik berupa text, gambar/foto, ataupun suara. (Untuk website perusahaan retail dapat menyangkut berbagai hal yang berhubungan dengan item/jenis barang yang dijual/ingin ditampilkan; baik berupa foto/gambar, informasi/data mengenai harga, spesifikasi produk, dan segala hal yang menyangkut hal-hal lain yang akan ditampilkan pada website tersebut)

STEP 2 : Create the Website
Setelah segala kebutuhan tersebut di step 1 dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat website perusahaan.

STEP 3 : Purchase a Domain Name
Domain adalah nama situs atau alamat situs yang kita inginkan, misal : www.retail-company.com atau www.anything.com. Domain bisa diperoleh ataupun dibeli dengan cara didaftarkan kepada jasa register domain, biaya yang dikeluarkan relatif murah (info yang terakhir saya dapat rata-rata sekitar Rp 100,000.- - Rp 150,000.- untuk satu domain selama satu tahun).

STEP 4 : Host your Site at Web Hosting Providers
Hosting merupakan tempat dimana file atau data tersimpan yang berhubungan dengan website kita, sebagai contoh apabila kita ingin siapa saja yang mengakses domain atau website akan melihat foto kita di halaman situs tersebut, maka kita tinggal letakkan foto kita di hosting tersebut. Secara singkat kita analogikan domain itu sebagai sebuah alamat toko dan hosting adalah gudang, atau tempat kita memajang barang-barang dagangan kita di toko tersebut. (info yang terakhir saya dapat rata-rata sekitar Rp 100,000.- - Rp 200,000.- untuk satu hosting selama satu tahun).
NOTE :
Untuk perusahaan retail yang masi relatif kecil, akan dapat tetap memiliki website dengan efisiensi cost. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan email yahoo dimana ada layanan situs gratis dari yahoo.com yakni www.geocities.com, namun nama domainnya tidak memungkinkan dilakukan perubahan, harus tetap memakai embel-embel geocities.com sebagai penyedia layanan ini. Sebagai contoh apabila alamat email yahoo kita adalah retail-company@yahoo.com maka alamat situs gratis di geocities.com adalah www.geocities.com/retail-company, sedangkan jika ingin memakai domain sendiri misalnya http://www.anything.com/, atau tanpa embel-embel geocities.com tersebut maka kita harus membeli dan mendaftarkan domain kita.

STEP 5 : Promote our Website
Salah satu langkah membuat website itu berhasil adalah mempromosikannya. Sangat disayangkan jika website yang dibuat sudah bagus tetapi tidak ada yang mengenalnya. Ada banyak cara untuk mempromosikan website kita (iklan banner, dari mulut ke mulut, beriklan di media massa, dll). Tetapi salah satu cara yang paling penting dan terbukti efektif adalah dengan pertukaran banner dan mendaftarkannya pada search engine di internet (seperti Alta Vista, Google, Fast Search, HotBot, Lycos, Excite, NetCrawler, dll).

STEP 6 : Analyze our Website
Setelah kita mempromosikan website perusahaan kita, kita dapat melihat web statistik yang tersedia pada control panel. Di control panel dapat dilihat statistik jumlah pengunjung perhari, perminggu, perbulan, mayoritas dari negara apa saja, ISP mana, masuk dari website mana, dsb.



Setelah kita mengetahui definisi dari website, manfaat dari website, dan langkah-langkah pembuatan website, sekarang akan dibahas mengenai pedoman bagi perusahaan retail mengenai langkah-langkah penting dalam membuat sebuah website dan bagaimana melakukan management website perusahaan retail.

STEP 1: Ditinjau dari Model Infrastruktur E-Business Berdasarkan Lima Layer yang Terbagi Menjadi :





STEP 2 : Ditinjau dari Product & Service Perusahaan Retail
Untuk perusahaan retail, hal penting yang perlu diperhatikan dalam product & service diantaranya:

· Online advertising & communicating.
Selain katalog, brosur, maupun iklan di media cetak dengan memiliki website di internet dapat memperluas jaringan promosi. Selain itu pelaku bisnis dengan para customer dapat saling melakukan komunikasi baik melalui email ataupun informasi kontak & saran, bahkan interaksi lain yang dapat dilakukan antara lain: dapat melakukan ajang traksaksi jual beli, forum diskusi, upload/download file, dll.

· Customer Relation Management (CRM)
Dengan adanya CRM, kita dapat melakukan dan memberikan treatment kepada para customer kita. Ibaratnya pembeli adalah raja. Disini kita bisa mengetahui data-data mengenai customer dan memberikan treatment khusus seperti memgirimkan ucapan saat hari ulang tahunnya ataupun pada event-event special lainnya.


STEP 3 : Maintenance & Service Perusahaan Retail
Banyak masalah yang dapat timbul dari penggunaan website dalam internet diantaranya power failure, masalah data (data corrupt), request time out, connection error yang disebabkan karena sistem down, masalah yang terjadi dalam website (too slow & not available), email tidak terbalas, pesanan produk tidak dikirim tepat waktu, privasi customer tidak terjamin, dan sebagainya. Maka itu diperlukannya penanganan intensif dalam hal ini.
Ada beberapa cara dalam penanganan terhadap masalah-masalah yang sering terjadi diantaranya :

· FAQ (Frequently Asked Question)
Hal ini dapat membantu pengunjung untuk mengatasi serta menjawab permasalahan yang sedang dihadapi. Karena FAQ ini berisi sekumpulan pertanyaan yang sering diajukan oleh customer.

· Consultant Support Site (Bagian Administrasi)

Disini seorang administrasi bertugas untuk mengatur segala hal yang berhubungan dengan perkembangan website tersebut. Diantaranya :
  • modifikasi website terhadap produk & informasi/data baru.

  • memberi tanggapan kepada customer baik berupa email ataupun halaman kontak dan saran.

  • menjaga site dari virus ataupun gangguan hacker dengan pengadaan sistem log-in&approval pada website.

  • mem-back up data jika sewaktu-waktu terjadi masalah data (data corrupt) sehingga tidak menggangu jalannya perusahaan.

Sumber informasi : http://techscape.co.id/hosting/prosedur.ts

No comments: